Informasi Seputar Lokasi Kerajaan Singasari yang Jarang diketahui

Berbicara soal sejarah kerajaan Indonesia, memang tidak bisa terlepas dari kerajaan Singasari. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar kerajaan serta lokasi kerajaan Singasari.

Sebelum membahas mengenai lokasi kerjaan tersbeut, mari kita ulas berbagai hal seputar kerajaan Singasari. Bagi rakyat Indonesia siapa sih yang tidak mengenal kerajaan satu ini? Jika Anda belum mengetahuinya, tak masalah simak saja tulisan ini hingga selesai. Perhatikan juga artikel terkait pertanyaan tentang kerajaan singasari ini ya.

Informasi Seputar Lokasi Kerajaan Singasari yang Jarang diketahui

lokasi kerajaan Singasari
lokasi kerajaan Singasari

Ini dia Lokasi Kerajaan Singasari

Sebelum memberikan informasi mengenai lokasi kerajaan Singasari, mari simak terlebih dahulu mengenai beberapa hal.

Kerjaan Singasari berdiri pada tahun 1222 M, didirikan oleh Ken Arok yang kala itu pun menjabat sebagai Raja Pertama. Kerajaan ini berakhir pada tahun 1292 M saat kerajaan ada dalam pimpinan  Kertanegara.

Sebelum membahas lokasi kerajaan Singasari, mari simak ulasan singkat ini. Perlu Anda ketahui jika runtuhnya kerajaan Singasari menjadi cikal bakal berdirinya kerajaan baru, yang saat itu orang kenal sebagai Kerajaan Majapahit.

Maka tidak heran jika antara kerajaan Majapahit dan Singasari tidak bisa terpisah satu sama lain. Karena kerjaan Majapahit dan Kerajaan Singasari saling terikat satu sama lain

Informasi Seputar Lokasi Kerajaan Singasari

Lokasi kerajaan Singasari atau sering juga orang sebut vkerajaan Singosari merupakan salah satu kerajaan  Jawa Timur. Mengenai lokasinya sendiri, kini orang perkirakan terletak di daerah Singosari tepatnya Malang.

Menurut Prasasti Kudadu, nama formal dari kerajaan Singasari ini adalah Kerajaan Tumapel. Menurut Nagarakretagama, ketika pertama berdiri pada 1222 M ibu kota kerajaan Tumapel bernama Kutaraja.

Pada tahun 1253 Raja Wisnuwardhana mengangkat putranya bernama kertanegara menjadi raja. Kemudian mengganti nama ibu kota tersebut menjadi Singhasari, yang menjadi nama ibu kota paling terkenal. Inilah salah satu penentu dari letak  lokasi kerajaan Singasari.

Karena nama terakhir dari ibu kota kerajaan ini yakni Singhasari paling terkenal, menyebabkan kerajaan Tumapel orang kenal sebagai Kerajaan Singasari.

Jadi ketika ada pertanyaan mengenai mana lokasi kerajaan Singasari berada? Jawabannya  ibu kota Kutaraja Singhasari yang dulu orang namakan Tumapel. Bahasa yang orang gunakan adalah Jawa Kuno, Sanskerta Siwa-Buddha .

Setelah mengetahui lokasi dari kerajaan Singasari, mari kita bahas seputar peninggalan-peninggalan kerajaan terkait.

Beberapa Peninggalan dari Zaman Kerajaan Singasari

Ketika berbicara soal lokasi kerajaan Singasari pastinya tidak terlepas dari jejak-jejak peninggalan pada saat itu bukan? Nah ini dia beberapa peninggalan zaman kerajaan Singasari yang terkenal hingga saat ini.

  • Candi Singasari, seperti namanya Candi ini merupakan salah satu peninggalan pada zaman kerajaan Singasari
  • Peninggalan kerajaan Singasari lainnya adalah Candi Kidal
  • Selain Candi Singasari, Prasasti Singasari pun menjadi salah satu peninggalan kerajaan Singasari
  • Candi lainnya yakni Candi Jago, Candi Katang Lumbang dan Candi Kangenan
  • Prasarti lain dari peninggalan kerajaan Singasari ini  adalah Prasasti Malurung. Perhatikan juga artikel terkait silsilah kerajaan singasari dan majapahit ini ya.

itu dia informasi mengenai lokasi kerajaan Singasari dan juga beberapa peninggalan kerajaan Singasari.




0 Response to "Informasi Seputar Lokasi Kerajaan Singasari yang Jarang diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel