11 Kuliner Cilacap Yang Patut Di Coba

Loading...
Kuliner Kabupaten Cilacap - Kabupaten Cilacap adalah kabupaten yang ibukotanya bernama kota Cilacap serta berada di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Cilacap berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di bagian timur, Samudera Hindia di bagian Selatan, Kabupaten Ciamis Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar di bagian sebelah barat serta Kabupaten Banyumas dan kabupaten Brebes di bagian utaranya.

Kabupaten Cilacap adalah kabupaten yang memiliki potensi besar baik dibidang wisata maupun kulinernya. Beberapa wisata yang terdapat di Kabupaten Cilacap adalah Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendhem, Gunung Srandil serta berbagai macam wisata menarik yang tidak kalah indah tentunya.

Selain wisata, cilacap juga memiliki berbagai macam kuliner lezat yang hanya diketahui sebagian orang, maka dari itu pada artikel kali ini saya akan menginformasikan kepada anda kuliner lezat apa saja yang terdapat di Kabupaten Cilacap. Berikut 11 Kuliner Cilacap Terlezat dan Patut Di COba di Kabupaten Cilacap.

1. Sup Gurame
Sumber: masakandapurku.com
Jika kita sering menjumpai ikan gurame diolah dengan cara digoreng atau diolah dengan olahan kering, akan tetapi olahan makanan gurame yang berasal dari Kabupaten Cilacap ini diolah menjadi sup. Rasa perpaduan dari segar dan manisnya daging ikan gurame dan gurihnya sup apalagi jika dinikmati saat panas, pastinya akan meningkatkan selera makan siapa saja yang sedang mencicipinya.

Saat ikan gurame dijadikan olahan sup anda pasti berpikir bahwa sup ini memilki bau yang amis, akan tetapi anggapan anda salah karena sup ini diolah dengan bumbu khas dari cilacap dan pengolahan yang benar sehingga anda tidak akan merasakan bau amis dari sup ini, akan tetapi kenikmatan dan kelezatanlah yang anda rasakan. Untuk harga sop gurame dijual dengan harga yang cukup murah, dimana 1 porsi dijual dengan harga Rp.8000. Bagaimana? apakah anda tertarik untuk mencicipinya.

LokasiJl. Thamrin Cilacap dan Jl. Lombok Gunung simping, Cilacap Tengah.

2. Martabak Alaska 
Sumber: unyilimut.wordpress.com
Jika anda sedang berkunjung ke Cilacap tidak ada salahnya jika anda mencoba martabak spesial alaska yang termasuk kuliner yang sangat terkenal di Cilacap. Martabak Spesial Alaska menjual berbagai macam martabak yang terdiri dari martabak asin yang diberikan taburan daging ayam, sapi maupun telur.

Selain martabak asin juga terdapat martabak manis yang diatasnya diberikan toping pisang, kacang, keju, coklat dan kombinasi. Sekali saja anda mencicipi martabak yang satu ini dijamin anda bakal ketagihan dan beralih menjadi penikmat martabak. Makanan ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan rasa lapar dengan sajian yang lezat tentunya.

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso No. 34 Cilacap dan Jl. S. parman cilacap.

3. Tempe Mendoan
Sumber: resepkulinerkreatif.com
Selain di Banyumas, tempe mendoan juga terdapat di Kabupaten Cilacap dan makanan ini sangat populer di sana. Tempe mendoan terbuat dari bahan baku yaitu tempe yang diiris tipis terlebih dahulu, kemudian digoreng menggunakan tepung beras dan juga tepung kanji serta ditambah dengan bumbu-bumbu yang khas. Selain rasanya lezat dan enak tempe mendoan ini juga memiliki gizi yang sangat tinggi karena dibuat dari kacang kedelai yakni bahan dasar pembuatan tempe mendoan ini.

Jika anda ingin mencicipi tempe mendoan ini sedangkan anda tidak sedang berada di Kabupaten Cilacap Anda dapat membuatnya sendiri dengan resep yang akan saya paparkan di bawah ini. Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu 10 buah tempe mendoan yang diiris tipis, 1 sdm tepung beras, 3 sdm tepung terigu, 2 batang daun bawang yang telah diiris halus, minyak goreng serta air secukupnya.

Kedua anda siapkan bumbu-bumbunya seperti 1 butir kemiri,2 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, garam dan juga kencur secukupnya. Setelah bahan dan bumbu siap anda langsung bisa membuatnya. Langkah pertama yang anda lakukan adalah aduk terlebih dahulu tepung dengan bumbu , daun bawang serta air yang dimasukkan sedikit demi sedikit hingga rata.

Selanjutnya celupkan tempe yang telah diiris  ke dalam adonan tepung, setelah itu goreng tempe ke dalam minyak panas hingga tempe matang yang ditandai berwarna putih saja. Terakhir tiriskan dan tempe mendoan yang gurih dan renyah siap anda nikmati bersama sambal ataupun cabe rawit.

Lokasi: Jl. pasar Tambangan Kulon Cilacap

4. Martabak Tempe
Sumber: kooliner.com
Jika anda sering mencicipi martabak rasa keju, cokelat, srikaya, kacang ataupun lainnya, maka anda juga harus mencicipi martabak khas Kabupaten Cilacap satu ini yaitu martabak tempe. Martabak tempe adalah martabak yang memilki keunikan karena martabak dibuat dengan tambahan kedelai, terlebih lagi jika kamu mencicipi makanan yang satu ini kamu akan merasakan serat kasar yang terdapat pada martabak ini yang tentunya memberikan sensasi rasa yang berbeda dari kebanyakan martabak lainnya.

5. Sate Ayam Martawi
Sumber: food.detik.com
Makanan selanjutnya dari Kabupaten Cilacap adalah sate ayam martawi. Sate ayam ini memiliki ciri yang khas dimana terdapat 2 tusuk sate, hal ini bisa jadi dikarenakan potongan ayamnya yang jumbo. Sate ayam ini memiliki cita rasa yang manis serta gurih yang disajikan dengan sambal kacang, sate martawi biasanya dijual harga Rp.25.000 untuk 10 tusuk sate.

Sate martawi  termasuk makanan yang favorit di Kabupaten Cilacap karena nikmatnya bumbu kacang dikarenakan pembuatnya meracik dengan racikan yang pas. Jika kamu mencicipinya sekali saja maka kamu akan ketagihan. Apakah anda tertarik untuk mencobanya ? anda dapat mengunjungi daerah atau lokasi yang telah saya informasikan di bawah dan Sebenarnya masih banyak lagi daerah-daerah lainnya yang menjual sate martawi, karena sate martawi memiliki banyak cabang penjualan di berbagai lokasi di Kabupaten Cilacap.

Lokasi: Jl. Kramat Kwitang I, Jl. Kol.Sugiyono, Jl. Kalibener, Jl.Masjid No.49 Purwokerto dan Jl. S. Parman.

6. Thepleng
Sumber: semuatentangindonesia.id
Makanan berikutnya dari Kabupaten Cilacap adalah thepleng yang biasanya dikenal dengan nama peyek di Kabupaten Cilacap masyarakat menyebutnya dengan thepleng. Di Kabupaten Cilacap peyek ada dua jenis yaitu peyek kacang dan juga peyek udang. Biasanya peyek pada umumnya digoreng dan dibentuk dengan bentuk yang bundar, namun di Kabupaten Cilacap agak sedikit berbeda karenathepleng digoreng dengan bentuk yang tidak ada bentuk khusus.

Jika anda sedang berada di Kabupaten Cilacap, anda bisa mencari peyek ini di warung warung makan pinggir jalan serta pada acara acara pernikahan karena peyek merupakan makanan khas dari kabupaten Cilacap.

7. Gembus
Sumber: masakandapurku.com
Gembus adalah nama salah satu makanan dari Kabupaten Cilacap. Makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang dicampur telur lalu digoreng serta dibentuk menyerupai gelang yang mirip dengan donat. Gembus memiliki rasa yang enak dan lezat serta cocok dijadikan sebagai cemilan. Rasa asin dan rasa gurih pada gembus membuat orang yang mencicipinya selalu ingin mencicipinya kembali.

Gembus biasanya dimakan bersama cocolan yakni saus sambal yang menambah kenikmatan dari gembus ini. Jika anda sedang berada di Cilacap cukup mudah untuk menemukan makanan yang satu ini karena gembus biasanya dijual di alun-alun dan juga bisa ditemukan saat acara seperti hajatan ataupun hiburan wayang kulit.

8. Kerupuk Tengiri
Sumber: ratukuliner.com
Kerupuk tengiri adalah salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri yang yang dicampur dengan beberapa bahan lain sehingga memiliki rasa yang enak serta gurih. Kerupuk tengiri dapat jadikan sebagai cemilan ataupun lauk makan, selain memiliki rasa yang enak krupuk tengiri juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi manusia karena adanya kandungan dari ikan tenggiri yang dapat memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh kita.

Kerupuk tengiri memiliki kekhasan yang berbeda dari kerupuk lainnya dimana kerupuk ini berbentuk bulat agak kotak serta berwarna kecoklatan. Orang yang mencicipi kerupuk tenggiri khususnya masyarakat Kabupaten Cilacap sangat menyukai produk ini karena rasanya yang gurih dan enak akan tetapi ada juga yang tidak menyukai kerupuk tengiri ini karena alergi dengan olahan laut. Kerupuk tengiri terbuat dari ikan tenggiri yang telah dihaluskan, telur ayam, tepung sagu, garam, gula pasir, penyedap rasa serta air. Tentunya anda tertarik bukan untuk mencicipi kerupuk khas Kabupaten Cilacap ini.

Lokasi: Jl. Teluk Penyu, JL. MT. Haryono Jl. Ternate No. 10 Cilacap dan Toko Kue Kering di Jl. Laut.

9. Seafood Pantai Teluk Penyu
Sumber: blogtraveliner.blogspot.co.id
Salah satu makanan dari Kabupaten Cilacap yang banyak diburu adalah seafood yang ada di Teluk Penyu. Seafood di Teluk Penyu memiliki rasa yang enak dan khas karena diracik dengan bumbu-bumbu yang pas. Makanan ini sangat pas kamu jadikan sebagai kuliner pilihan karena selain mendapatkan kelezatan kulinernya kamu juga akan disuguhi indahnya pemandangan pantai teluk penyu Kabupaten Cilacap. Selain itu seafood pantai teluk penyu memilki rasa yang lezat yang khas dan  pastinya akan membuat anda ketagihan.

Lokasi: Jalan Dayung, Cilacap Selatan.

10. Tempe Dages
Sumber: hipwee.com
Tempe Dages adalah salah satu makanan Kabupaten Cilacap yang terbuat dari ampas tempe. Tempe dages ini memilki warna yang hitam keputihan. untuk penyajiannya tempe dages hampir sama dengan tempe mendoan, dimana proses awal digoreng terlebih dahulu dengan tepung hingga matang. Hal yang membedakannya dengan tempe lainnya tempe dages lebih enak jika digoreng dengan kering.

11. Rempeyek Yutuk
Sumber: citizen6.liputan6.com
Makanan khas dari kabupaten Cilacap yang terakhir adalah rempeyek yutuk. Rempeyek yutuk merupakan makanan jenis rempeyek yang terbuat dari yutuk yaitu sejenis hewan pantai yang ditemukan di pesisir pantai selatan. Untuk membuat rempeyek yutuk, cara pembuatannya hampir sama dengan rempeyek lainnya. Pertama yutuk dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu yutuk diletakkan diatas satu sendok adonan lalu adonan digoreng dengan dilebarkan agar hasilnya krispi dan lebih tipis.

Itulah 11 Kuliner Kabupaten Cilacap yang paling banyak dicari. Selain 11 kuliner diatas masih banyak lagi kuliner khas lainnya dari Kabupaten Cilacap yang tidak kalah nikmat tentunya. Jika ada masukan ataupun saran untuk artikel ini, silahkan tulis dikolom komentar.

Semoga Bermanfaat.

2 Responses to "11 Kuliner Cilacap Yang Patut Di Coba "

  1. Replies
    1. Bener gan. Kemarin saya baru dari cilacap, ada beberapa yang sudah saya cicipi secara langsung. Selain nikmat juga murah.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel