9 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Nikmat Dan Populer

Makanan Khas Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi adalah kabupaten yang letaknya di provinsi Jawa Timur yang ibukotanya adalah kota Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi posisinya terletak di ujung paling timur pulau Jawa yakni di kawasan tapal kuda yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo di utara, Samudra Hindia di Selatan serta Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso di bagian barat serta Selat Bali di bagian timur.

Banyuwangi adalah suatu kabupaten yang memiliki wisata yang luar biasa indahnya baik itu gunung maupun keindahan pantainya, akan tetapi selain dari keindahan alamnya Banyuwangi juga memiliki kuliner-kuliner yang khas dan lezat mulai dari cinta rasanya pedas, asin maupun manis yang dapat anda pilih sesuai selera anda masing-masing. Berikut saya informasikan kepada anda 9 Kuliner Khas Banyuwangi yang Paling Nikmat.

1. Pecel Pitik
Sumber: www.resepmasakankreatif.com
LokasiDesa Wisata Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Pecel Pitik adalah makanan yang terbuat dari ayam kampung yang masih muda. Sebelum diberikan bumi ayam kampung yang telah disembelih dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dipanggang secara utuh di atas perapian. Kondisi api harus dijaga nyalanya agar daging ayam yang dipanggang tidak gosong dan matang secara sempurna.

Untuk membuat Pecel Pitik bumbu yang digunakan sangatlah sederhana yang terdiri dari cabe rawit, kemiri, gula, daun jeruk dan terasi. Bumbu dulu tersebut dihaluskan bahkan langkah selanjutnya adalah mencampurnya dengan parutan kelapa muda. Untuk penyajiannya ayam yang telah dipanggang disuwir menggunakan tangan. Setelah di suwir dan menjadi bagian-bagian kecil ayam kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda yang telah dibumbui. Agar rasa yang dihasilkan lebih nikmat maka anda bisa mencampurnya dengan sedikit air kelapa.

2. Pecel Rawon
Sumber: www.negerikuindonesia.com
Lokasi: Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Laksda Adisucipto 60 dan Jl.Jenderal Ahmad Yani, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Pecel rawon adalah perpaduan antara nasi pecel dan rawon. Seperti kuliner rujak soto yang merupakan perpaduan antara rujak dengan soto, pecel rawon merupakan perpaduan antara pecel yang biasanya terdiri dari sayuran yang diberi bumbu kacang kemudian disiram dengan kuah rawon daging. Pecel rawon adalah makanan khas dari Banyuwangi, makanan ini banyak ditemukan di restoran hingga warung-warung kaki lima di Banyuwangi.

Biasanya Pecel Rawon ini disajikan bersama sepiring nasi pecel yang berisi sayuran segar seperti bayam, toge, kacang panjang, kuah rawon serta sambal pecel. Untuk pelengkapnya biasanya dilengkapi dengan empal sapi, udang goreng dan juga rempeyek kacang. Membuat rawon terdiri dari jahe, daun jeruk, kunir dan kencur. Untuk membuatnya bumbu yang telah disediakan ditumbuk halus lalu disangrai agar aroma dari bumbu tersebut lebih menyatu. Setelah dilakukan proses sangrai bumbu kemudian diperas lalu air perasannya dipakai untuk bahan masak.

3. Rujak Soto
jbjubj
 Sumber: makanajib.com
Lokasi: Jalan Basuki Rahmat, Kawasan Lateng, Depan RSI Dadapan Banyuwangi dan Kawasan SMA 1 Giri.

Rujak Soto adalah salah satu kuliner yang berasal dari Banyuwangi tentang nikmat yang satu ini merupakan kombinasi antara lontong sayuran mentimun taoge kacang panjang dan juga tempe serta tahu goreng yang bercampur dengan bumbu rujak yang dicampur dengan kuah soto yang bercampur kikil dan babat.

Untuk membuat campuran antara rujak dengan soto yang dinamai dengan hujan satu ini pertama untuk dipotong-potong menjadi kecil kemudian tambahkan irisan timun tahu dan tempe goreng lalu tambahkan sayuran kecil yang terdiri dari kangkung kacang panjang daun turi dan juga kecambah serta seledri kemudian semuanya disiram dengan bumbu kacang yang kental dan ditaburi dengan bawang goreng serta seledri. Setelah semuanya seperti hujan makanan yang mirip dengan pecel ini disiram dengan kuah soto kuning yang dilengkapi dengan jeroan seperti usus kikil dan juga babat untuk mendapatkan rasa yang terpilih Tambahkan kecap manis kerupuk udang dan emping sebagai pelengkap.

Rujak soto ini memiliki rasa yang sangat gurih dan bertekstur dan sangat pas jika dinikmati bersama es temulawak. Bagi kalian yang ingin mencicipi rujak soto ini, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena rujak soto Di jual dengan harga yang murah yaitu Rp.10.000 untuk satu porsi.

4. Ayam Pedas

Sumber: www.tripadvisor.co.id
LokasiGenteng Kulon, Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

Kuliner ayam pedas yang berasal dari Banyuwangi ini sangat pas anda nikmati jika anda termasuk pencinta makanan pedas. Anda tidak akan kecewa karena kuliner yang satu ini salah satu makanan khas banyuwangi yang banyak penggemarnya. Ayam pedas Banyuwangi yang paling terkenal adalah ayam pedas rantinem yang berlokasi di kecamatan Genteng.

Rantinem adalah nama pemilik dari ayam pedas ini, ayam pedas milik rantinem sangatlah populer dan memiliki rasa yang nikmat. Bukan hanya penduduk asli Banyuwangi yang menikmati kelezatan dari ayam pedas rantinem ini, akan tetapi banyak juga yang berasal dari luar kota untuk meraskan kelezatan dan pedasnya kuliner yang satu ini.

5. Sego Tempong
Sumber: banyuwangibagus.com
Lokasi: Jalan Ahmad Yani (Selatan Bank BRI) Banyuwangi, Jalan Kolonel Sugiono 16, Stasiun Karangasem dan Jalan Thamrin Banyuwangi dan Jalan Gembrung No. 220.

Sego Tempong adalah salah satu kuliner khas banyuwangi, nama lain dari sego tempong adalah nasi tempong akan tetapi warga lokal banyuwangi biasa menyebutnya nasi tempong. Untuk mencari sego tempong di Banyuwangi kalian bisa mengunjungi lokasi yang telah saya Sebutkan di atas atau bisa juga mencari di tempat lainnya  karena tidak terlalu sulit untuk mencari makanan yang satu ini karena hampir semua wilayah Banyuwangi menyediakan menu masakan ini.

Sego Tempong sajiannya terdiri dari nasi hangat, sayuran rebus ditambah dengan gorengan tahu, ikan asin,dadar jagung, tempe serta dilengkapi sambal mentah yang sangat pedas. Untuk jenis sayur yang digunakan dapat beraneka ragam, salah satunya kubis, terung,kacang panjang, genjer, sawi, kangkung, bayam, selada, daun kemangi dan juga bisa ditambahkan dengan irisan timun segar. Jika sayuran di atas tadi sebagai pelengkap, maka lauk pauknya terdiri dari ikan laut, ayam, telur, lele, jeroan dan juga botok tawon serta lauk lainnya tergantung yang disediakan warung masing-masing.

Seperti halnya pecel lele sego tempong ini menggunakan sambalnya yang khas sebagai daya tarik karena diracik secara khusus yaitu menggunakan bahan-bahan yang mentah atau tidak dimasak. Bahan untuk membuatnya yaitu tomat ranti yaitu jenis tomat yang bentuknya bergelombang, gula pasir, cabai rawit, terapi air jeruk limau dan juga garam. Untuk harga nasi tempong dijual dengan kisaran harga Rp.7.000 hingga Rp.15.000 tergantung dari jenis lauk yang dijadikan pelengkap nasi.

6. Sop Kesrut
Sumber: travel.kompas.com
LokasiJalan di Panjaitan 49 Lateng Banyuwangi dan Dusun Krajan, Desa Segobang, Kecamatan Licin.

Sop kesrut itulah nama salah satu makanan khas dari Banyuwangi yang satu ini. Seperti halnya sego tempong yang memiliki rasa pedas maka sop kesrut juga memiliki rasa yang sangat pedas dan itu membuat daya tarik dari sop kesrut ini sehingga banyak dicari oleh pencinta makanan pedas dan penikmat kuliner.

Sop Kesrut sajiannya di dalam satu porsi terdiri dari nasi, ayam kampung, kikil, daging sapi ataupun jenis lauk lainnya yang disediakan oleh warung masing-masing. Untuk harga, biasanya berkisar dari Rp.15.000 sampai Rp.20.000. Cukup murah bukan? Sop Kesrut adalah makanan yang cocok dinikmati bagi orang yang menginginkan makanan lezat dengan harga yang murah.

7. Sego Cawuk
Sumber: travel.kompas.com
Lokasi: Jl. Kalimas, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Nasi Cawuk atau masyarakat lokal Banyuwangi yang sering menyebutnya dengan Sego Cawuk adalah makanan khas dari Banyuwangi. Nama sego cawuk berasal dari kebiasaan makan dari suku using yaitu cara memakan nasi langsung tanpa sendok ataupun garpu yaitu dengan menggunakan tangan.

Di Banyuwangi, cara makan tersebut dinamakan dengan Cawuk sehingga dinamailah makanan ini dengan Sego Cawuk. Untuk harga, sego cawuk biasanya dibanderol dengan harga Rp.10.000 hingga Rp.15.000, harga tersebut tergantung dari jenis lauk yang ingin anda nikmati.

8. Botok Tawon
 Sumber: www.banyuwangitimes.com
Lokasi: Jalan raya Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi.

Makanan yang satu ini bernama botok tawon. Jika kita sering mendengar madu dan tahun kita gunakan untuk minum ataupun diolah menjadi olahan yang lezat lainnya maka kuliner dari Banyuwangi ini menggunakan sarang lebah mudah yang dijadikan Salah satu kuliner khas daerah tersebut. Untuk membuatnya potong terlebih dahulu rumah tawon menjadi ukuran yang kecil lalu dimasukkan ke dalam bungkusan daun pisang.

Bumbu yang digunakan untuk membuat makanan yang satu ini, biasanya menggunakan bumbu seperti gula merah, lombok, tomat, asam serta bawang merah. Setelah potongan dari lempengan rumah tawon atau lebah muda tersebut dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan,lalu kukus sampai matang dan matangnya ditandai dengan layunya bungkusan daun pisang.

Untuk menikmati makan yang satu ini Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena kuliner dari Banyuwangi dijual dengan harga yang sangat murah yaitu 10 ribu dengan rasa yang gurih dan enak maka ada tidak ada menyesal mengeluarkan uang 10 ribu untuk menikmati makanan dari banyuwangi ini.

9. Kupat Lodoh
Sumber: travel.kompas.com
Lokasi: Warung Wouese yang berada di Jalan Idjen, Kecamatan Glagah.

Kupat lodoh adalah salah satu makanan khas dari Banyuwangi. Dahulu kupat lodoh hanya bisa dinikmati saat momen lebaran karena masyarakat Banyuwangi jarang yang memasaknya dikarenakan memasak kupat lodoh agak ribet dan perlu proses yang panjang. Kupat lodoh memiliki daya tarik di Lodohnya, kuliner ini dibuat dari kelapa yang sudah diparut lalu disangrai tanpa minyak. Setelah kelapa tersebut kering proses selanjutnya adalah menumbuknya sampai halus dan mengeluarkan minyak yang bentuknya seperti pasta.

Sebelumnya juga siapkan bumbu terlebih dahulu seperti merica, ketumbar, kemiri, jinten, cabai besar, cabe rawit kayu manis, garam, kunir, gula, laos dan juga serai. Setelah bumbu tersebut siap semuanya bumbu ditumis dan tambahkan air secukupnya dan kemudian mencampurkannya dengan lodoh.  Kemudian setelah lodoh dan bumbu dicampur dan matang barulah masukkan ayam dan dimasak dengan bumbu-bumbu tersebut dengan waktu sekitar ½ jam. Gunakan ayam kampung agar rasanya lebih nikmat. Untuk menikmati kupat lodoh ini anda cukup menyiapkan uang sekitar Rp.20.000 dan anda bisa memiliki satu porsi kupat lodoh dan pastinya dapat memanjakan lidah anda sebagi pencinta kuliner.

Itulah 9 Kuliner khas Banyuwangi yang saya informasikan untuk anda. Anda juga bisa mencari makanan tersebut jika sedang berkunjung ke Banyuwangi karena saya telah menginformasikan juga lokasi-lokasi dimana makanan tersebut dijual. Jika ada yang kurang dari artikel saya, maka saya mengharapkan pembaca untuk memberikan komentar dikolam komentar dan jangan lupa untuk mengikuti blog ini dengan memilih tanda tambah di pojok kanan atas untuk mendapatkan pemberitahuan artikel-artikel menarik lainnya yang saya informasikan untuk anda.

Semoga Bermanfaat

0 Response to "9 Kuliner Khas Banyuwangi Paling Nikmat Dan Populer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel