15 Kuliner Khas Jambi Yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Loading...
Makanan dan Minuman Khas Jambi - Jambi adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, jambi terkenal kental akan kebudayaan seperti tari inai dan sekapur sirih, selain memiliki kebudayaan yang kental Jambi juga memiliki berbagai kuliner khas yang pasti membuat anda ketagihan.

Salah satu makanan khas jambi adalah tempoyak, gulai tepek ikan, kue gandus, nasi gemuk serta banyak kuliner khas lainnya. Saat anda berkunjung ke jambi ataupun memang asli penduduk jambi, sangatlah rugi rasanya jika tidak pernah mencicipi kuliner-kuliner khas jambi.

Untuk menikmati berbagai macam kuliner ini, anda tidak perlu repot-repot untuk mencarinya karena sebagian besar dari kuliner tersebut sudah dijual di setiap rumah makan pinggir jalan dan pastinya harga dari kuliner tersebut sangatlah terjangkau dengan kisaran harga Rp.10.000- Rp.5.0000.


Bagaimana? tertarik bukan untuk mencicipi kuliner jambi, jadi jangan sampai lupa jika sedang berkunjung ataupun berada di jambi jangan sampai tidak pernah sama sekali mencicipi kuliner jambi tersebut. Berikut saya informasikan 15 Kuliner Khas Jambi yang bakal bikin kamu ketagihan.

1. Kue Srikaya 
Sumber: @Rudybun Via Instagram

Kue srikaya merupakan salah satu kue tradisional Jambi kue ini terbuat dari tape yang diolah dengan santan. Kue srikaya diberi pewarna hijau alami dari daun pandan karena kue ini menggunakan daun pandan sebagai pewarna alami, maka tak heran jika kue ini memiliki aroma yang harum dan menggugah selera. Kue ini diberikan nama srikaya hanyalah sekedar nama saja, kue ini sama sekali tidak menggunakan srikaya sebagai bahan dasarnya walapun demikian, rasa dari kue ini sangatlah lezat dan nikmat.

2. Gulai Tepek Ikan 
Sumber: food.detik.com
Gulai tepek ikan biasanya hanya ditemukan atau disajikan pada momen-momen penting saja, makanan ini dianggap bersejarah bagi sebagian masyarakat Jambi dan perlu kita ketahui bahwa bahan utama untuk membuat tepek ikan ini adalah ikan gabus yang memiliki kandungan gizi yang luar biasa tingginya. Gulai tepek ikan hampir mirip dengan gulai ikan lainnya namun memiliki rasa yang khas dan berbeda. Pada umumnya masyarakat Jambi hanya menyajikan gulai tepek ikan ini pada saat acara kenduri, acara adat serta pernikahan maupun acara lainnya.

3. Jus Pinang 
Sumber: video.com
Jus Pinang merupakan menu minuman andalan dari masyarakat Jambi. Masyarakat Jambi umumnya percaya bahwa minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin maupun melancarkan peredaran darah. Pada pembuatan minuman ini bahan dasar yang digunakan adalah jahe merah, cengkeh, gula merah, madu dan pandan. Minum Jus Pinang dalam keadaan hangat sangatlah nikmat, jika anda mengkonsumsi minuman ini maka anda akan menikmati kekhasan rasanya serta bersemangat dalam menjalani aktivitas harian.

4. Kue Gandus 
Sumber: @Deeoktav Via Instagram
Kue Gandus bisa kita temukan di daerah Jambi maupun di daerah Palembang, akan tetapi walaupun terdapat di daerah Palembang kue ini juga termasuk salah satu makanan khas dari Jambi. Bahan yang digunakan untuk membuat kue Gandus adalah sagu, tepung beras , santan, garam dan bawang putih. Kue ini memiliki bentuk yang kecil persegi tapi juga ada yang berbentuk bulat. Hal yang unik dari kue ini adalah bagian atasnya diberi taburan udang abon ikan maupun ayam jika anda mencicipi kue ini maka dijamin anda akan ketagihan karena kue ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

5. Nasi Gemuk 
Sumber: @mardianalie Via Instagram
Nasi gemuk juga merupakan makanan yang berasal dari Jambi. Dari penampilan, jika dilihat secara sekilas nasi gemuk hampir mirip dengan nasi uduk akan tetapi tetap  ada perbedaan karena bahan dasar pembuatan nasi gemuk adalah beras, daun pandan, daun jeruk, santan serta daun salam.Bisa juga dilengkapi lauk seperti ayam goreng dan telur. Jangan lewatkan untuk mencicipi makanan ini jika berada dijambi karena selain enak juga memiliki harga yang murah dan terjangkau.

6. Daging Masak Itam 
Sumber: resepilazat.com
Kuliner dari jambi berikutnya adalah daging masak hitam, jika anda mengunjungi Jambi maka wajib untuk mencicipi makanan ini. Jika dilihat secara sekilas maka daging masak hitam agak mirip dengan semur betawi akan tetapi makanan ini memiliki perbedaan dari cita rasanya karena daging masak hitam terbuat dari daging sapi khas yang diolah dengan kelapa, kecap, adas manis, jintan, kayu manis serta pala bubuk. Makanan ini bakal lebih nikmat jika dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

7. Gulai Ikan Patin 
Sumber: newsmedia.co.id
Salah satu makanan yang lezat dari jambi adalah gulai ikan patin. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa bahan utama dari kuliner ini adalah ikan patin. Selain ikan patin bahan untuk membuat kuliner satu ini adalah tempoyak, santan, . Untuk rasanya sendiri tidak usah diragukan lagi, selain memiliki rasa yang asam dari tempoyak serta bercampur dengan rasa khas rempah-rempah yang dijadikan bumbu untuk pembuatan gulai patin ini, kuliner gulai patin juga menjadi lebih nikmat saat dipadukan dengan ikan patin, dimana ikan patin memiliki daging yang lembut serta gurih.


8. Kue Kubang Boyo
Sumber: momizakitchen.blogspot.co.id
Jika mendengar nama dari kuliner yang satu ini pastilah sangat asing ditelinga kita. Memang unik kuliner yang satu ini, selain bentuknya yang unik seperti buaya penyajian dari kue ini pun terbilang cukup unik karena disajikan dalam wadah yang berbentuk seperti sisik buaya. Untuk bahannya sendiri, kue ini terbuat dari tepung ketan yang kemudian diberi pasta yang diisi gula merah serta kelapa parut yang dilumuri santan kelapa.

Kuliner yang satu ini sangatlah cocok dinikmati oleh para pencinta kuliner manis. Kuliner ini memiliki rasa manis yang berasal dari gula merah ditambah lagi dengan rasa gurih yang berasal dari santan membuat kuliner yang satu ini menjadi kuliner istimewa yang harus kamu cicipi jika sedang berada dijambi.

9. Dodol Kentang Kerinci
tokopedia.com
Kuliner khas jambi satu ini adalah dodol kentang. Dodol yang satu ini terbuat dari kentang yang bahan bakunya diambil langsung dari kaki gunung kerinci, karena kentang yang berasal dari kaki gunung kerinci sendiri termasuk kentang dengan kualitas terbaik. Saat ini dodol kentang mengalami kemajuan dari segi varian rasa, mulai dari rasa durian, gula merah dan juga stroberi. Jika anda sedang berkunjung ke Jambi maka anda bisa menemukan jajanan khas jambi di Kabupaten Kerincinya langsung ataupun bisa mengunjungi Toko oleh-oleh Khas jambi yaitu Toko Thepoyak yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No.18, Thehoh, Kota Jambi.
10. Dodol Nanas
Sumber: tangkit-baru.blogspot.co.id
Kuliner berikutnya yang berasal dari jambi adalah dodol nanas. JIka biasanya kita sering mendengar serta mencicipi kelezatan dari dodol kentang, maka tidak ada salahnya jika kita juga mencicipi kenikmatan dari dodol nanas saat sedang berada di jambi. Bahan pembuat dari dodol nanas sendiri adalah buah nanas. Di Provinsi Jambi buah nanas sendiri termasuk komoditi unggulan selain kentang.

Bahan pembuat dodol nanas dari jambi ini di ambil langsung dari sentra perkebunan nanas terbesar yang lokasinya berada di Kabupaten Muaro Jambi yang lebih tepatnya berada di Daerah Tangkit. Selain melihat perkebunan nanas yang luas, kalian juga bisa membeli dodol nanas khas jambi ini sebagai oleh-oleh buat keluarga tercinta saat berada didaerah tersebut dan pastinya keluarga anda akan sangat senang jika dibelikan oleh-oleh dodol nanas khas Jambi ini.

11. Kue Padamaran
Sumber: food.detik.com
Kuliner yang satu ini bernama kue padamaran. Bahan pembuat dari kuliner ini adalah campuran dari gula aren, tepung beras serta ekstrak dari daun suji. Saat penyajian kuliner yang satu ini biasanya ditempatkan dalam wadah yang terbaut dari daun pandan. Kuliner yang satu ini sangat banyak anda temukan di jambi tepatnya pada bulan puasa dan kuliner ini menjadi salah satu primadona masyarakat jambi yang sangat pas dinikmati saat berbuka puasa karena rasanya yang manis dapat mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

12. Kue Putri Kandis
Sumber: cantik.tempo.co
Kue yang dinamakan kue putri kandis ini adalah kue tradisional khas dari jambi yang sangat terkenal. Kue ini adalah kue yang diturunkan secara turun temurun sehingga sangatlah pantas jika kue ini sering ditemukan saat ada acara adat ataupun acara-acara penting lainnya. Kue putri kandis memiliki bentuk yang unik karena lapisan-lapisan kuenya menyerupai pelangi.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini terdiri dari telur, tepung terigu dan juga margarin. Kue ini sangatlah nikmat rasanya, jika anda mencicipi kue ini anda akan merasakan tekstur dari kue yang sangat lembut. Jadi, jika anda sedang berkunjung atau berada di Jambi rugi rasanya jika tidak mencicipi kenikmatan kue yang satu ini.

13. Tempoyak
Sumber: kabsarolangun.wordpress.com
Tempoyak merupakan kuliner khas jambi yang terbuat dari fermentasi buah durian. Kuliner yang satu ini jangan ditanya lagi akan kelezatan dari rasanya. Selain lezat tempoyak pastinya sangat terkenal dikalangan masyarakat jambi karena kuliner satu ini benar-benar khas dari jambi.

Tempoyak biasanya disajikan bersama ikan patin dan bagian favorit dari ikan patin yang banyak disukai orang adalah kepala ikan patin. Selain disajikan bersama ikan patin, tempoyak telah banyak dikreasikan oleh masyarakat jambi, ada yang menghidangkan tempoyak bersama udang, ikan teri dan juga ayam tergantung dari selera masing-masing.

14. Teh Kayu Aro
Sumber: tokopedia.com
Kuliner berikutnya khas jambi adalah teh kayu aro. Perlu diketahui kayu aro merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Daerah kayu aro ini sangatlah terkenal di Jambi bahkan di Indonesia sebagai pusat penghasil teh. Teh kayu aro jambi adalah teh yang berkualitan no. 1 di dunia. Aroma serta rasa teh yang begitu khas menjadikan teh kayu aro sebagai teh primadona atau paling banyak dicari oleh masyarakat jambi akan tetapi untuk teh Kualitas Grade 1 tidak bisa dirasakan kenikmatannya oleh masyarakat jambi ataupun anda yang sedang berlibur ke jambi.

Hal ini disebabkan karena teh dengan kualitas terbaik tidak di jual di Indonesia dengan kata lain hanya untuk perdagangan luar negeri khususnya Benua Eropa dan Benua Amerika. Jika anda sedang berlibur ke jambi yang lebih tepatnya di Kabupaten Kerinci, tidak ada salahnya jika menjadikan teh kayu aro sebagai oleh-oleh bagi keluarga anda tercinta.

Untuk membeli teh kayu aro sendiri, anda tinggal berhenti di pusat oleh-oleh yang banyak tersebar di sekitar Kecamatan Kayu Aro sendiri, karena setiap pusat oleh-oleh tersebut menjual teh kayu aro kerinci dengan berbagai harga dan ukuran yang bisa anda pilih sendiri. Atau jika anda tidak sempat berkunjung ke Kabupaten Kerinci anda bisa membeli oleh-oleh khas jambi ini di Toko Temphoyac. Toko ini berada di Jalan Jenderal Sudirman No.18, Thehok, Kota Jambi.

15. Kopi Kerinci
Sumber: katalog.or.id
Kuliner Khas Jambi terakhir adalah Kopi Kerinci. Kerinci memang sangat terkenal akan kualitas kopinya. Tanah Kabupaten Kerinci yang subur serta udaranya yang sejuk menjadikan Kabupaten Kerinci sebagai tempat yang sangat cocok untuk ditanami kopi. Jadi, wajar saja jika kopi kerinci dikatakan sebagai salah satu kopi terbaik baik dari segi rasa maupun aromanya. Jika anda sebagai salah satu pecinta ataupun penikmat kopi maka sangat disarankan untuk mencicipi kopi khas jambi yang satu ini.

Itulah 15 Kuliner Khas Jambi yang saya informasikan untuk anda. Bagaimana ? anda tentu tertarik bukan untuk mencicipi berbagai macam kuliner Khas Jambi tersebut. Jadi, jangan sampai tidak mencicipi ataupun tidak menjadikan kuliner Khas Jambi ini sebagai oleh-oleh bagi keluarga anda tercinta setelah berkunjung ke Jambi. Jika ada informasi yang tidak sesuai serta ada saran untuk perbaikan artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "15 Kuliner Khas Jambi Yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel