15 Gunung di Jawa Tengah Surga Bagi Para Pendaki

Gunung Jawa Tengah - Mendaki gunung saat ini merupakan kegiatan yang digemari oleh pemuda-pemuda pencinta alam. Kegiatan mendaki bukan hanya untuk menikmati keindahan alam semata, tetapi juga sebagai tantangan bagi para pemuda pencinta alam yang tentunya memacu adrenalin. Hal tersebut membuat orang banyak yang melakukan pendakian setiap harinya serta banyaknya muncul para komunitas pendaki baru.

1. Gunung Sumbing
Sumber: bluetripper.com
Gunung Sumbing merupakan gunung yang memiliki tinggi maksimal 3.371 mdpl. Gunung ini terletak dikabupaten Magelang, temanggung dan Wonosobo. Jalur Jalan pendakian paling umum Gunung Sumbing adalah Jalur Garung yang berada di kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing adalah gunung dengan tingkatan tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Slamet dan Gunung Semeru . 

2. Gunung Sindara
Sumber: Mytrip123.com
Gunung Sindara biasa disebut Sindoro. Gunung yang memiliki ketinggian 3.150 meter dpl ini merupakan salah satu gunung volkano aktif yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan kota Temanggung kota yang jaraknya paling terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Gunung Sindara merupakan salah satu gunung yang menjadu tujuan favorite para pendaki, tidak hanya yang berdomisili pada daerah Jawa Tengah saja tapi juga yang berasal dari luar propinsi ini. Melakukan pendakian Gunung Sindara akan menjadi semakin menyenangkan karna kita akan melewati padang sabana yang dipenuhi oleh bunga edelweis.
Untuk mendaki guning ini para pendaki melakukan pendakian melalui jalur Kledung yang berada di kabupaten Temanggung dengan waktu tempuh untuk sampai ke puncak Sindara sekitar 5 hingga 6 jam. Gunung Sindara juga termasuk gunung api yang masih aktif sampai saat ini. Aktivitas terkahir gunung ini terjadi pada tahun 2011.

3. Gunung Slamet
Sumber: Liputan6.com
Gunung yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl ini adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes,  Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.
Hal yang unik dan menarik dari gunung ini karena di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto. Dengan track pendakian yang terkenal sulit serta status gunungnya yang masih sangat aktif, tetap saja para pendaki menjadikan gunung ini sebagai salah satu tujuan pendakian favorite.

4. Gunung Merbabu
Sumber: jejakmatabackpacker.wordpress.com
Gunung Merbabu adalah gunung api bertipe Strato dengan ketinggian ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut, Gunug ini berada di wilayah Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Provinsi Jawa Tengah. Pada lereng Gunung Merbabu dahulunya pernah terdapat pertapaan terkenal serta pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. 

Gunung ini sangat disenangi oleh pendaki karena Pemandangan yang begitu mengagumkan dari puncak serta padang sabana yang menyediakan kecantikan bunga edelweis. Untuk melakukan pendakian menuju puncak Merbabu dapat dilakukan melewati beberapa jalur yaituSelo di Daerah Boyolali, Thekalan di Daerah Kopeng, Salatiga serta Wekas di Magelang.
5. Gunung Merapi
Sumber: satujam.com
Gunung Merapi yang memiliki ketinggian puncak 2.930 mdpl, adalah gunung berapi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sertanya sisanya berada di dalam wilayah  Jawa Tengah, yaitu sisi barat Kabupaten Magelang,  sisi utara dan timur Kabupaten Boyolali  , dan juga Kabupaten Klaten di sisi  bagian tenggara.
Gunung Merapi memiliki Jenis tumbuhan yang terdapat di bagian teratas bertipe alpina khas pegunungan Jawa, seperti Rhododendron dan edelweis jawa. Dibagian bawah terdapat tetumbuhan pegunungan tropika dan hutan bambu. Lereng Merapi, khususnya di bawah 1.000 m, merupakan tempat asal dua kultivar salak unggul nasional, yaitu salak Pondoh dan Nglumut. Hutan hujan tropis pegunungan di bagian selatan Merapi merupakan tempat salah satu forma anggrek endemik Vanda tricolor  'Merapi'  yang telah langka
Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat yang berjarak di bawah 30 km dari puncaknya. Pada lerengnya terdapat permukiman warga sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak 4 KM dari puncak. Perjalanan untuk menuju puncak Gunung Merapi dapat ditempuh kurang lebih 4 sampai 5 jam melewati jalur Selo di Boyolali.

6.  Gunung Lawu
Sumber: Bintang.com
Gunung Lawu adalah gunung yang memiliki ketinggian 3 mdpl yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak diantara tiga kabupaten yaitu  Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat"  dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi juga puncaknya yang tererosi. Pada lerengnya terdapat sebuah kepundan kecil yang  mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu umumnya mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Pada lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat paling populer sebagai tujuan wisata, seperti di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Turun ke bawah, di sisi barat juga terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Kerajaan Majapahit yaitu Candi Sukuh dan Candi Cetho

Gunung Lawu merupakan gunung yang begitu mistis. Pada tanggal 1 Suro dalam penangalan Jawa orang banyak melakukan pendakian sampai ke puncak untuk melakukan ziarah. Di sepanjang jalur pendakian kita juga sering dijumpai dengan dupa yang baunya sangat menyengat. Untuk ke puncak Lawu sendiri dapat dilakukan melalui beberapa jalur antara lain jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, Cetho dan beberapa jalur lain.

7. Gunung Telomoyo
Sumber: ardiyanta.com
Gunung Telomoyo adalah Gunung yang memiliki ketinggian 1.894 mdpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato kerucut tetapi belum pernah tercatat meletus. Ia terlihat dari kota-kota sekitar, seperti SalatigaAmbarawa, dan Secang, Magelang. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten MagelangJawa Tengah. Gunung ini diapit oleh Gunung MerbabuGunung AndongGunung Sumbing, dan Gunung Ungaran.

Untuk melakukan pendakian ke puncak gunung dapat dilalui dengan  kendaraan maupun jalan kaki.Terdapat air terjun kecil disaat menapaki jalan menuju puncak gunung sehingga pemandangan di sekitar gunung sangat indah  Di puncak gunung ini juga banyak didirikan menara penerus sinyal radio. Nama Gunung Telomoyo mungkin belum terlalu banyak dikenal oleh para pendaki. Gunung ini letaknya berada diantara kabupaten Semarang dan Magelang serta dekat dengan kota Salatiga. Gunung Telomoyo dapat dilihat dengan jelas dari puncak Gunung Andong.

8. Gunung Andong
Sumber: piknikasik.com
Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai dengan ketinggian sekitar 1.463 m yang berada di Kabupaten Magelang. Gunung Andong berada di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Kabupaten Magelang. Dengan letakBerdampingan dengan gunung Telomoyo, gunung ini posisinya berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

Gunung Andong memang tak setinggi gunung-gunung yang telah disebutkan diatas akan tetapi Gunung Andong tetap menarik untuk didaki karna memiliki pemandangan yang keren. Gunung Merbabu akan terlihat begitu gagah dari puncak Gunung Andong. Jalur untuk Pendakian Gunung Andong dapat dilakukan dari beberapa jalur seperti jalur Sawit di kecamatan Ngablak, Magelang.

9. Gunung Ungaran
Sumber: brobali.com
Gunung Ungaran adalah gunung  berapi bertipe Stratovolcano yang memiliki ketinggian 2.050 meter yang berada di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pada gunung ini terdapat Candi Gedong Songo, Gonoharjo, Limbangan dan Kendal. Pada lerengnya terdapat situs arkeologi berupa Candi Gedongsongo. Terdapat pula beberapa air terjun yaitu Curug Semirang dan Curug Lawe

Gunung Ungaran juga merupakan gunung yang menjadi tujuan favorite para pendaki. Khususnya yang domosili di Semarang, Solo dan daerah sekitar. Gunung ini sangat pas untuk dijadikan tempat melakukan camping  bersama keluarga maupun teman. Gunung ini punya tiga puncak yakni Gendol, Botak, dan Ungaran. Untuk mencapai puncak Gunung Ungaran bisa dilakukan melalui tiga jalur yakni via Candi Gedong Songo, Jimbaran serta Medini. 

Beberapa fauna yang termasuk spesies asli dari gunung Ungaran di antaranya yaitu: Burung Elang Jawa, Kijang, Babi hutan, Trenggiling , Luwak , Alap-alap, Capung, Raja Udang, Burung Cucak Kutilang, Ayam Hutan Merah, Ayam Hutan Hijau dan Bondol Jawa.

Beberapa flora (tumbuhan) yang merupakan spesies asli gunung Ungaran di antaranya adalah:Jamuju, Sarangan, Waru Gunung, Kantil, Bunga kantil, Rengas dan Cemplonan.

10. Gunung Muria
Sumber: instagram.com
Gunung Muria mempunyai ketinggian 1.601 meter dari permukaan laut. Gunung Muria adalah sebuah gunung yang berada di wilayah utara Jawa Tengah , yang termasuk ke dalam bagian wilayah Kabupaten Kudus di sisi bagian selatan, di sisi barat laut yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jepara serta di sisi timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati. Pada kawasan ini terdapat suatu tempat  legendaris peninggalan para Wali Songo, yakni pesanggrahan di daerah puncak Gunung Muria tersebut yang menurut sejarah negeri ini adalah tempat pesanggrahan di mana Kanjeng Sunan Muria menyebarkan ajaran agama Islam di tanah Jawa. 

Gunung Muria terdapat berbagai habitat Flora dan Fauna, diantaranya:

Flora
Aren , Bendo, Cengkeh, Dadap, Eukaliptus, Gintungan, Rengas, Jati, Kaliandra dan Berbagai macam anggrek, Pohon Pepaya, Pohon Jambu Monyet dan lain-lain.

Fauna 
Gunung Muria memiliki berbagai habitat fauna, diantaranya: Macan Tutul, Kijang dan juga Monyet Ekor Panjang.

11. Gunung Rogojembangan
Sumber: epictio.com
Gunung Rogojembangan adalah sebuah gunung memiliki ketinggian sekitar 2117 mdpl yang terdapat di perbatasan Banjarnegara dan Pekalongan. Gunung ini berada di lokasi kecamatan wanayasa kabupaten Banjarnegara. Gunung ini dapat didaki dengan 2 akses, yang pertama bisa melalui kecamatan wanayasa yang berada diKabupaten Banjarnegara dan juga Kecamatan Petungkriono yang berada Kabupaten Pekalongan, yang kedua adalah pendakian dari desa Gumelem dan melalui desa Semego. 

Ada lima air terjun yang terdapat di gunung ini, yang paling sering dikunjungi wisatawan yaitu Curug Banteng, Curung Muncar, Curung Lawe, Curug Kedunglumbu dan Curug Sibedug. Asal mula penamaan gunung ini dengan nama Gunung Rogojembangan yaitu sekitar tahun 80 an, puncak ini agak cekung ke bagian dalam sehingga masyarakat memberikan nama gunung ini Rogojembangan (Jambangan).

12. Gunung Sipandu
Sumber: epictio.com
Gunung Sipandu adalah sebuah gunung kecil yang terdapat di Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.241 mdpl serta berada di dataran tinggi Dieng dan berada di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Batang. Gunung Sipandu adalah salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng yang berada di dekat gunung prahu.

13.Gunung Blego
Sumber: Panoramio.com
Gunung Blego adalah sebuah gunung dengan ketinggian 996 meter diatas permukaan air laut Mdpl yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Gunung Blego merupakan gunung yang diduga pernah terjadi aktivitas vulkanik yang menyebabkan puncaknya terdapat sebuah cerukan yang menyerupai bekas kawah dengan diameter lebih dari 700 meter. Para penduduk sekitar gunung blego menyebutnya "Tlogourung", karena bentuknya yang mirip telaga akan tetapi tidak ada airnya. Puncak dari Gunung Blego bernama Pertapan. Di sebelah timur dari Gunung Blego ada sebuah bukit yang bernama Bukit Bungkuk.

14. Gunung Lanang
Sumber: info@pacitan.com
Gunung Lanang merupakan sebuah gunung yang mempunyai ketinggian setinggi 1.105 meter diatas permukaan air laut Mdpl dengan ketinggian relative 1.010 Mdpl. Gunung ini terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Lanang merupakan titik tertinggi di jajaran Pegunungan Serayu Selatan. Gunung Lanang secara administrasi berlokasi di Kabupaten Wonosobo tepatnya anatar perbatasan Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang dengan Desa Gumelar.

15. Gunung Prau
Sumber: Exploregunung.com
Gunung Prau adalah salah satu gunung paling indah di Jawa Tengah. Ketinggian gunung ini dibawah 3.000 mdpl, tapi pemandangan yang dihadirkan mampu membuat orang yang melihatnya merasa kagum. Gunung Prau memiliki puncak berupa padang rumput dengan pemandangan begitu indah. Dari puncak Gunung ini ini kita bisa melihat betapa gagahnya gunung Triple S.

Di Gunung Prau kita dapat menyaksikan keindahan dari bukit-bukit hijau yang sering disebut sebagai Bukit Teletubies. Gunung Prau berada di antara tiga kabupaten yakni Batang, Kendal dan Wonosobo. Jalur untuk mendaki Gunung Prau paling umum adalah jalur Patak Banteng yang ada di kabupaten Wonosobo.

Nah bagaimana ? indah bukan. Silahkan bagi sahabat sekalian yang merupakan pencinta alam atau hobi berwisata ke gunung-gunung, 15 gunung di Jawa Tengah ini sangat cocok untuk sahabat sekalian jadikan tempat berlibur. Semoga artikel saya bermanfaat bagi anda yang membacanya.

3 Responses to "15 Gunung di Jawa Tengah Surga Bagi Para Pendaki "

  1. Jawa Tengah memang surganya pendaki, tidak kalah dengan Propinsi Jawa Timur Di Jawa Timur juga banyak gunung yang layak untuk di daki

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2PQsuvl

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel